Keistimewaan kelelawar menurut Islam

Gambar
     Masyarakat di berbagai negara kini dibuat cemas dengan ancaman virus korona. Penyakit yang diduga ditularkan hewan kelelawar itu mewabah di Wuhan, China dan kini menyebar di belasan negara. Wabah virus korona yang menjangkiti Kota Wuhan, China diduga lantaran masyarakatnya doyan mengonsumsi sup kelelawar. Penyakit itu ditandai dengan suhu badan tinggi (demam), batuk, dan sesak napas. Dalam pandangan Islam, kelelawar ternyata salah satu makhluk yang marah saat melihat Masjid Baitul Maqdis dibakar. Dalam sebuah riwayat dikutip dari NU Online, disebutkan, kelelawar berdoa kepada Allah subhanahu wata'ala agar diberi kekuatan sehingga Masjidil Aqsha di Palestina tidak jadi terbakar. لَا تَقْتُلُوا الضَّفَادِعَ فَإِنَّ نَقِيقَهَا تَسْبِيحٌ , وَلَا تَقْتُلُوا الْخُفَّاشَ فَإِنَّهُ لَمَّا خَرِبَ بَيْتُ الْمَقْدِسِ قَالَ: يَا رَبِّ سَلِّطْنِي عَلَى الْبَحْرِ حَتَّى أُغْرِقَهُمْ Artinya: “Janganlah kalian membunuh katak. Sesungguhnya kicauannya adalah tasbih. Dan jangan lah

MELURUSKAN PERSEPSI TENTANG SUFI

 A.Sufi Dalam Pandangan Kita 

 
 Sisi paling menonjol dari persepsi kita tentang sosok sufi adalah dalam hal aspek "Nyeleneh" -nya. Istilah dalam janji ini kita sering menafsirkan aneh atau tidak wajar. Tidak gila berarti, tetapi kata itu lebih dekat dengan pemahamannya dengan manusia lain
  Dalam persepsi kita, kelangkaan, penyimpangan, anomali dan ketidaksetaraan sufi dengan manusia yang umum mencakup semua aspek kehidupan; Perilaku, penampilan, gaya hidup, kata-kata dan keterampilan. Untuk anomali yang terakhir dipertanyakan adalah keterampilan gaib yang mereka miliki. Misalnya, dapat memprediksi sesuatu yang akan terjadi, dapat hilang, dapat terbang atau ghailages lainnya. Aspek-aspek ini adalah sosok sufi di mata kita sebagai angka yang sangat eksklusif.

B. arti sebenarnya dari sufi

 Sufi adalah manusia yang selalu menghiasi hidupnya dengan iman dan belas kasihan. Mereka adalah manusia yang mereka tawarkan sepanjang hidup mereka untuk Tuhan sehingga tidak ada rasa takut dan bahkan sedikit kecuali dia. Mereka adalah manusia yang hatinya bersih dari sesuatu yang lebih dari Tuhan.

 Definisi yang sama kita akan temukan. Sayid Husein Nasar, misalnya, mendefinisikan sufi adalah bahwa itu sudah bersih dari semua keinginan. Kehidupan batin Anda bersih dari kemalangan.

 Al-Ghazali berkata, Sufi adalah kelompok yang selalu berjalan di jalan menuju Allah. Karakternya sama baiknya dengan karakter yang baik. Moralitasnya yang paling sakral. Misalkan rasa pemikir dan filosofi dan ilmu akademisi yang memahami rahasia syariah digabungkan untuk menggantikan karakter dan moralnya untuk menjadi lebih baik, tidak akan menemukan jalan. Gerakan dan keheningannya, terlahir internal adalah penyerapan emosi nur nubuwwah (cahaya kenabian) yang tidak memiliki cahaya di bumi ini, kecuali satu-satunya cahaya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

hakekat Rizki

Manunggaling kawula Gusti

Ruh yang Agung